Gelar In House Training “Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis PTSP” MTsN 1 Ponorogo Terus Bergerak Maju


Selasa (23/09), MTsN 1 Ponorogo terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan terbaiknya bagi siswa, alumni maupun masyarakat secara luas. Hal ini terbukti dengan di adakannya in house training peningkatan pelayanan publik berbasis PTSP ( Pelayananan Terpadu Satu Pintu ). Kegiatan ini digelar selama dua hari Senin-Selasa tanggal 22-23 /9/2020 yang diikuti oleh seluruh Guru dan Karyawan MTsN 1 Ponorogo.
Acara dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Syaikhul Hadi dan dalam sambutannya, beliau berharap MTsN 1 Ponorogo mampu menjadi contoh bagi madrasah lain untuk mengadakan PTSP, mengingat belum ada madrasah di Ponorogo yang menggunakan PTSP. selain membuka acara, beliau juga memberikan materi mengenai kebijakan PTSP Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. “Kebijakan pelayanan terpadu satu pintu ini dalam rangka memudahkan masyarakat dalam menerima pelayanan.” Tuturnya.

Pelayanan terpadu satu pintu bukanlah kebijakan baru dalam manajemen birokrasi. Pembentukan PTSP termasuk dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memperpendek proses pelayanan guna mewujudkan pelayanan yang cepat, mudah, murah, transparan, dan terjangkau. Dengan adanya PTSP tersebut, diharapkan madrasah mampu memberikan pelayanan prima, akuntabel dan terukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kegiatan ini turut serta di isi oleh peneliti Jusuf Kalla School of Goverment (JKSG) sekaligus dosen Universitas Muhammdiyah Ponorogo yakni Dian Suluh Kusuma Dewi ,yang membahas mengenai komunikasi publik menuju pelayanan prima. “Pelayanan prima merupakan bentuk pelayanan terbaik. Ini merupakan salah satu inovasi dalam bidang pelayanan. Prinsip pelayanan ini adalah better, faster, newer, cheaper and more simple. Sedangkan unsur pelayanan prima yakni ability, attitude, appearance, attention, action dan accountability.” Tegasnya.
Kepala MTsN 1 Ponorogo Nuurun Nahdiyyah KY, mengajak seluruh guru serta karyawan untuk membahas Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari acara in house training Peningkatan Pelayanan Publik Berbasis PTSP. “MTsN 1 harus selalu bergerak dan senantiasa memberikan perubahan dalam memberikan pelayanan”. ungkapnya.

Kontributor : Yulik Editor : Hms/Nanil