KEMENTERIAN AGAMA
KABUPATEN PONOROGO

Program Positif Kerja Inovatif: Penyuluh Agama Islam, KUA dan Forkopimca Sooko selenggarakan Safari Shalat Jumat di Desa Multikultural

Jum’at 08 April 2022 tepatnya 6 Ramadhan 1443 H merupakan hari yang penuh berkah, lagi-lagi KUA khususnya Penyuluh Agama Islam Kec. Sooko Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo melakukan aksi Positif dan inovatif bersama Forkopimca (Camat, Kapolsek, Koramil, Puskesmas) Sooko dengan memanfaatkan momentum hari Jum’at yang merupakan Sayyidul Ayyam untuk kegiatan Safari Shalat Jumat di bulan Ramadhan.

Kegiatan syafari diprogramkan rutin setiap hari Jum’at dengan berkeliling satu desa ke desa lain di seluruh wilayah kecamatan Sooko. Rangkaian acara dimulai pemberangkatan Tim Safari bersama-sama, kemudian shalat Jum’at berjamaah dilanjutkan sambutan dan pengarahan Tim Safari. Mengingat hari Jum’at pada bulan Ramadhan 1443 H hanya berjumlah 4 hari sementara jumlah desa lebih dari 4, maka syafari dibagi menjadi dua Tim. Tim I beranggotakan Meky Hasan, Siti Marwiyah, Fahruroji, Amin, Riska dan Forkopimca Sooko. Sementara Tim II beranggotakan Muhammad Ishomudin, Hanafi Hadi S, Arifin, Kholiqul, Iin M juga Forkopimca Sooko. Di Jumat pertama safari dilakukan di desa Ngadirojo (Darul Muhsinin) dan desa Klepu tepatnya di masjid Al Hidayah.

Kegiatan positif dan inovatif ini selain memberikan edukasi, informasi tentang Ramadhan dan menyambut Idul Fitri dari masing-masing lembaga (Forkopimca) juga sekaligus mentasyarufkan aset wakaf Al-Quran yang diamanahkan kepada KUA Kecamatan Sooko (Meky Hasan Tachtarudin) untuk masyarakat muslim yang ada di wilayah kecamatan Sooko.
Selaku ketua FKPAI (Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam) Kabupaten Ponorogo sekaligus Koordinator Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sooko Hanafi menambahkan “kegiatan syafari semacam ini sangat efisien dalam menyampaikan informasi atau hal-hal penting lain kepada masyarakat. Pasalnya, saat ini dilarang mengumpulkan masa, sementara banyak informasi yang harus disampaikan, perlunya edukasi kepada masyarakat mengenai Ramadhan dan Idul Fitri, maka moment shalat Jumat sangat tepat untuk menyampaikan. Selain masyarakat umum, tokoh agama maupun pengurus mushola hadir dalam shalat Jumat, yang nantinya beliau-beliau bisa menyampaikan informasi kepada jamaah di tempat tinggal masing-masing.”

Bapak Nur Huda Rifa’i Camat Sooko menyampaikan, Kegiatan ini sangat membantu kami untuk mendekatkan kepada masyarakat, bersinergi dengan lembaga terkait dan juga masyarakat.

Iptu H. M. Anwar Fatoni dalam sambutannya Memberi himbauan meskipun masyarakat boleh menyelenggarakan buka bersama dan merayakan Idul Fitri, tetapi jamaah harus tetap menjaga kesehatan diri dan mematuhi protokol kesehatan. Bagi masyarakat yang belum melakukan vaksin untuk segera melakukan vaksinasi.
Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan wakaf Al Quran dari KUA yang diserahkan oleh bapak Camat Sooko kepada Ta’mir masjid setempat.

Kementerian Agama Republik Indonesia
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo

Jalan Ir. H Juanda No.27, Tonatan

Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

63418

(0352) 481-053